Kamis, 07 Maret 2013

Menjadi Pembelajar Sejati (cara belajar)

Belajar tidak mesti di bangku sekolah, namun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. hal itulah yang harus menjadi patokan seorang penuntut ilmu. Haruslah dikatakan"saya harus belajar, dan harus bisa!!!". 

Wahai para pelajar, para pencari ilmu dimanapun kalian berada. tanamkanlah dalam lubuk hati kalian semua bahwasanya menuntut ilmu itu adalah wajib bagi setiap kalian. Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda " Tholabul ilmi faridotan 'ala kulli muslimin wa muslimatin" artinya menuntut ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan.

Belajar harus diniatkan terlebih dahulu, barulah hal itu akan merambat kepada pengaplikasiannya dalam keseharian. Setelah diniatkan, maka selanjutnya harus stiqomah dalam menjalani niat tersebut. istiqomah artinya akan selalu mengerjakan atau melakukan apa yang sudah diniatkan. kemudian setelah dilakukan dengan penuh istiqomah, maka praktikkan. praktik yang dimaksud adalah mengulang kembali atau melakukan diskusi dengan teman-teman sekelas atau yang lainnya, atau praktik disini bisa diartikan bahwa mengajarkan orang lain dari apa yang telaah dipelajari, karena dengan mengajarkan kepada yang lain, maka ilmu yang kita pelajari tersebut akan tetap pada diri kita.

Berbagai referensi cara belajar yang disodorkan, ada yang efektif dan ada pula yang kurang efektif. Hal ini didasari dari keinginan kita untuk belajar. Namun hal terpenting yang harus dimiliki oleh pembelajar sejati adalah kekuatan niat untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Demikian.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar